Langkah-langkah usaha membuka warung siomay batagor

Langkah-langkah usaha membuka warung siomay batagor

Advertisement

Advertisement


Menjadi mahasiswa tentu tidak asing lagi dengan berbagai jenis jajanan yang ada di sekitar kampus. Salah satunya adalah siomay dan batagor. Jenis jajanan ini bisa menjadi pilihan bisnis Anda sebagai mahasiswa. Selain penyajiannya mudah, Anda juga dapat melakukan inovasi dengan berbagai rasa dan format.
Siomay adalah jajanan dengan bahan dasar yang terbuat dari tahu putih, yang kemudian diberi adonan ikan tenggiri, udang, dan tapioca. Siomay disajikan dalam keadaan panas dengan bumbu kacang yang sangat pedas dan kecap manis kental. Biasanya, dalam penyajian siomay ditambahi dengan perasan jeruk nipis. Sementara itu, batagor ialah sejenis siomay, tetapi penyajiannya dengan cara digoreng.
Bisnis siomay dan batagor bisa dilakukan di waktu luang, yakni pada sore hari sepulang kuliah hingga malam. Terlebih, di lingkungan kampus, orang-orang justru lebih senang keluar pada sore hari karena terasa sejuk dan sekadar ingin refreshing.
Bisnis jajanan siomay dan batagor dapat dimulai dengan modal Rp 4.000.000,00. Jajanan ini termasuk jajanan yang tepat dijadikan sebagai pengganjal perut di kalangan mahasiswa usai kuliah sembari menunggu masa kuliah selanjutnya.
Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menyajikan siomay dan batagor bersama minuman segar atau jus. Jadi, pembeli dapat memilih untuk memesan siomay atau batagor, serta minuman segar atau jus. Untuk memulai usaha ini, Anda dapat belajar resep dan bumbu batagor secara langsung dari Bandung. Selanjutnya, Anda mengkreasikannya agar lebih khas dan menarik.
Jika Anda memutuskan untuk berbisnis siomay atau batagor; Anda harus benar-benar pandai membagi waktu agar kuliah Anda tidak terganggu. Sebab, berdasarkan pengalaman, bisnis ini cepat berkembang dan tetap eksis, asalkan usaha Anda ditata dengan manajemen yang baik.
Namun, bila Anda tidak ingin terlalu repot, carilah orang kepercayaan untuk membantu usaha Anda, atau menggantikan melayani pembeli ketika Anda mengerjakan tugas atau kuliah. Untuk lebih meningkatkan pendapatan, Anda bisa membuka kios siomay atau batagor di sekitar kampus atau kost. Atau, jika Anda ingin mengefisiensi biaya sewa tempat di depan swalayan, Anda bisa menerapkan sistem biaya sewa tempat bulanan.

Dibutuhkan analisis bisnis siomay dan batagor yang cermat agar bisnis tersebut berkembang pesat. Adapun analisis bisnis usaha itu adalah sebagai berikut:


1.        Modal Awal
a.         Bahan baku                                                             = Rp          150.000
b.         Gerobak sepeda                                                       = Rp       1.000.000
c.         Peralatan                                                                  = Rp          300.000
d.        Sewa tempat                                                            = Rp       3.000.000
e.         Lain-lain                                                                  = Rp          200.000  +
Jumlah                                                                     = Rp       4.650.000
2.        Biaya Operasional Tiap Hari
a.         Pembelian bahan baku                                             = Rp          150.000
b.         Gas elpiji                                                                 = Rp            14.000
c.         Lain-lain                                                                  = Rp            20.000  +
Jumlah                                                                     = Rp          184.000
3.        Pemasukan
Omzet per hari
= 40 porsi × Rp 6.000
= Rp 240.000
Laba bersih per hari = Rp 56.000
4.        Laba Bersih Tiap Bulan
Rp 56.000 × 30 hari = Rp l.680.000
Dengan pendapatan yang seperti itu, maka da­lam waktu kurang dari 4 bulan, Anda sudah dapat mengembalikan modal awal.
 
itulah sahabat untuk sebuah gambaran mengenai tips usaha kali  ini mengenai Langkah-langkah usaha membuka warung siomay batagor

Advertisement