langkah-langkah tips membuka usaha JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)

langkah-langkah tips membuka usaha JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)

Advertisement

Advertisement


langkah-langkah tips membuka usaha  JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)

JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)
Saat ini, siapakah yang tidak punya handphone (HP)? Tentunya, hampir semua orang punya dan butuh HP. Dahulu, sekitar tahun 1990-an sampai awal 2000-an, HP masih tergolong barang mewah karena harganya yang mahal dan hanya segelintir orang saja yang punya.
Coba lihat sekarang, semua orang pegang HP, bahkan ada yang punya dua atau lebih. Harga HP yang semakin murah dan terjadinya perang antar operator yang menurunkan atau memberikan berbagai bonus yang menarik menjadikan HP semakin laris. Fitur-¬fitur dari HP itu pun cukup dominan, apalagi setelah akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk Cina yang masuk ke Indonesia, yang menawarkan harga murah, tetapi dengan fitur yang lengkap, bahkan ada televisinya.
langkah-langkah tips membuka usaha  JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)

Ketergantungan seseorang terhadap HP kian me¬ningkat karena sangat membantu dalam berkomunikasi dan menyingkat waktu, serta bisa membuat dunia ini terasa “semakin kecil”. Mobilitas manusia semakin meningkat, dan pekerjaan pun semakin pa¬dat, sehingga komunikasi menjadi hal yang sangat¬lah penting dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah yang seharusnya Anda manfaatkan se¬bagai peluang usaha yang bagus. Tak semua orang membutuhkan HP yang baru. Sebab, banyak juga orang yang lebih memilih barang bekas yang harg¬anya jelas lebih miring. Bahkan, kebanyakan orang saat ini mempunyai HP lebih dari satu.
Walaupun sudah banyak pemain lama dalam bisnis HP bekas, tetapi peluangnya masih sangat terbuka. Oleh karena itu, carilah tempat yang stra¬tegis, lakukan promosi-promosi, dan jagalah kualitas barang.

Supaya Anda lebih terampil dalam berbisnis HP bekas, perhatikan analisis bisnisnya berikut:
1.    Modal Awal
a.    Sewa tempat 1 tahun (kecil)     = Rp    3.000.000
b.    Etalase (kecil)    = Rp    500.000
c.    Kursi dan alas      = Rp    100.000
d.    Promosi dan brosur    = Rp    100.000
e.    Stok awal HP 10 buah    = Rp    3.000.000    +
Jumlah     = Rp    6.700.000
2.    Biaya Operasional Tiap Hari
a.    Listrik dan administrasi     = Rp    100.000
b.    Transportasi       = Rp    100.000
c.    Stok HP 10 buah    = Rp    3.000.000    +
Jumlah     = Rp    3.200.000
3.    Pendapatan
Omzet per bulan
= Rp 500.000 × 10 = Rp 5.000.000

Dengan perhitungan dan analisis bisnis seperti itu, maka dalam jangka 2 bulan, modal bisnis Anda sudah kembali. Dan, pada bulan ketiga, barang Anda bisa diperbanyak lagi.
langkah-langkah tips membuka usaha  JUAL BELI HANDPHONE SECOND (BEKAS)

Advertisement