langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS BARANG BEKAS

langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS BARANG BEKAS

Advertisement

Advertisement

langkah-langkah tips membuka usaha  BISNIS BARANG BEKAS
BISNIS BARANG BEKAS

Saat ini, barang bekas banyak menjadi incaran kalangan masyarakat. Adanya krisis dalam berbagai sektor ekonomi di Indonesia menjadikan jual beli barang bekas menjadi semakin semarak. Meskipun banyak anggapan barang bekas sebagai barang sampah, namun kenyataan dewasa ini menunjukkan bahwa barang bekas atau second seakan menjadi primadona di kalangan umum. Terkait itu, barang¬-barang elektronik, otomotif, meubel, bahkan barang-¬barang konveksi paling mendominasi dalam bisnis jual beli barang bekas.

Nah, dalam melakukan jual beli barang-barang bekas tersebut, Anda harus memahami aturan main yang berlaku, terutama dalam menaksir harga barang-barang itu. Misalnya, harga bekas produk elektronik hanya sekitar 60 – 70 % dari harga pasar.
Dalam memulai usaha jual beli barang-barang be¬kas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni Anda harus mengetahui dan terampil dalam menaksir harga beli barang bekas, serta dapat bekerja sama dengan juru taksir/ ahlinya. Pengetahuan tentang jaringan kulak¬an atau penjual barang bekas juga menjadi hal yang penting agar Anda bisa mendapatkan ba¬rang murah, serta lebih mudah dalam memper¬oleh pasokan barang bekas. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah mana¬jemen toko/usaha yang baik harus dimiliki ketika Anda hendak menjalankan usaha ini.
langkah-langkah tips membuka usaha  BISNIS BARANG BEKAS

Barang-barang yang menjadi pilihan bisnis juga harus ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuh¬an kalangan mahasiswa. Misalnya, komputer, televisi, tape, dan lain-lain. Menjalankan sebuah usaha pasti¬lah akan ditemukan beberapa kendala atau hambatan yang sejalan beriringan. Dalam usaha ini, susahnya mendapatkan barang bekas yang kondisinya masih bagus menjadi hal yang harus diperhatikan. Selain itu, sudah banyaknya pesaing yang menjalankan bisnis itu juga harus menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memikirkan strategi yang bagus dalam menghadapi persaingan tersebut.

Ada beberapa tips ataupun strategi bisnis yang bisa Anda jalankan dalam usaha jual beli barang¬-barang bekas. Pertama, selalu menawarkan harga yang bersaing. Kedua, apabila yang Anda tekuni itu adalah bisnis barang elektronik, maka Anda harus mempersiapkan tenaga teknisi untuk membantu menangani keluhan konsumen. Ketiga, jika berani memberikan garansi kepada konsumen Anda, maka bisnis Anda akan mendapatkan nilai tambah dari konsumen.
Nah, agar Anda tidak merasa khawatir dan ragu untuk memulai bisnis jual beli barang-barang bekas, cermatilah analisis bisnisnya berikut:

1.    Modal Awal
Sewa tempat    = Rp    5.000.000
2.    Aset-aset
a.    Rak     = Rp    2.000.000
b.    Peralatan toko      = Rp    2.000.000
c.    Barang kulakan    = Rp    6.000.000    +
Jumlah     = Rp    15.000.000


3.    Penentuan Laba Tiap Bulan
20 barang berbagai varian dengan harga sekitar Rp 50.000 sampai Rp 1.000.000
4.    Biaya Tiap Bulan
a.    Belanja rata-rata     = Rp    6.000.000
b.    Listrik dan administrasi      = Rp    200.000
c.    Penyusutan per bulan    = Rp    100.000    +
Jumlah     = Rp    6.300.000
5.    Laba Bersih Tiap Bulan
Dengan perhitungan seperti itu, laba bersih Anda tiap bulan sebesar Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000.

 langkah-langkah tips membuka usaha  BISNIS BARANG BEKAS

Advertisement