langkah-langkah tips membuka usaha GERAI BUTIK MUSLIMAH

langkah-langkah tips membuka usaha GERAI BUTIK MUSLIMAH

Advertisement

Advertisement



Begitu banyaknya butik muslimah yang mun¬cul pada 10 tahun terakhir membuat bisnis ini menemukan pangsa pasar yang tepat dan pesat. Butik semacam itu biasanya menjadi favorit bagi kaum muslim salafi. Pada umumnya, di sana disediakan perlengkapan busana muslim dan aksesori muslim untuk kaum muslim dan muslimah.

Produk utama yang ditawarkan oleh butik semacam itu antara lain pakaian muslimah, jilbab, aksesori, peralatan ibadah, gamis, peci, dan lain-lain. Untuk jilbab dan pakaian, biasanya tersedia berbagai macam model, seperti dete, diti, mukena, baju kurung, jilbab segi empat, bergo, dan masih banyak lagi model lainnya dengan spesifikasi ukuran yang beragam.

Sementara itu, untuk aneka macam gamis ataupun jubah dapat berupa gamis katun, gamis bordir, sulam pita, bordir tempel, dan lain-lain. Untuk menarik minat pelanggan, berilah harga jilbab yang murah dan sangat terjangkau oleh semua kalangan, yakni berkisar Rp 20.000 sampai Rp 50.000. Untuk gamis, harganya bisa sekitar Rp 60.000 hingga Rp 100.000. Segmentasi pasar produk-produk semacam ini rata-rata adalah mahasiswa yang aktif di lembaga dakwah dan aktivis dakwah.
langkah-langkah tips membuka usaha  GERAI BUTIK MUSLIMAH

Promosi butik sema¬cam itu yang paling efek¬tif ialah ditawarkan ke¬pada teman-teman atau orang-orang yang di se¬kitar Anda yang me¬mang menggemari mode semacam itu. Anda juga bisa mempromosikan butik Anda melalui brosur, ron¬teg (kertas yang di pasang di jalan-jalan), dan radio.

Tips pemasaran yang lain adalah rajin mengikuti pameran dan melakukan SMS berkala ke pelanggan-pelanggan, terutama jika ada produk baru dan pro¬gram diskon. Nah, supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam berbisnis butik ini, perhatikan anali¬sis bisnisnya berikut:
1.    Pemasukan
Penjualan jilbab, gamis, perlengkapan, dan ak¬sesori busana muslim adalah Rp 6.000.000 per bulan.
2.    Pengeluaran
a.    Listrik, air, dan telepon     = Rp    250.000
b.    Bayar jasa produksi      = Rp    3.000.000
c.    Biaya pemasaran    = Rp    500.000
d.    Gaji 2 orang pegawai    = Rp    1.000.000    +
Jumlah     = Rp    4.750.000
3.    Laba bersih
= Rp 6.000.000 – Rp 4.750.000 = Rp 1.250.000

Advertisement