langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS MERCHANDISE SEPAK BOLA

langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS MERCHANDISE SEPAK BOLA

Advertisement

Advertisement



Sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer di dunia. Anak-anak hingga orang tua me¬nyukai olahraga yang satu ini. Penggemarnya yang bejibun dan tersebar di seantero dunia itu menjadikan sepakbola lebih dari sekadar olah raga.
Jika berbicara masalah sepak bola, tentunya bukan hanya permainannya saja yang atraktif dan memikat, sehingga banyak orang di muka bumi yang begitu terpesona. Sepak bola juga bukan sekadar permainan kesebelasan versus kesebelasan yang saling mengadu teknik memperebutkan sebuah bola. Tetapi, ternyata di balik pesona sepak bola tersimpan potensi bisnis yang sangat prospektif.

Memang diakui ataupun tidak, sepakbola telah menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Banyak pe¬luang bisnis yang bisa Anda kembangkan di seputar sepakbola. Salah satunya adalah merchandise atau per¬nak-pernik klub sepakbola ternama, baik itu sepakbola nasional maupun internasional. Banyak suporter mencari merchandise yang berkaitan dengan sepak¬bola. Sehingga, hal tersebut menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan untuk dikembangkan.
langkah-langkah tips membuka usaha  BISNIS MERCHANDISE SEPAK BOLA

Banyak sekali merchandise yang bisa dikem¬bangkan untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Ragam atribut klub sepakbola meliputi kaus, syal, bendera, topi, stiker, dan lain-lain menjadi barang-barang primadona yang banyak dicari oleh para penggemar atau suporter kesebelasan tertentu. Banyak toko menjajakan kaus klub-klub maupun dunia, khususnya klub Eropa.

Harga pernak-pernik yang biasa dijual pun bervariasi. Sebagai contoh, harga kaus berkisar Rp 35.000, syal Rp 40.000, stiker Rp 5.000, gantungan ID card Rp 1.000, dan pin Rp 5.000. Bila penjualan sedang ramai, dalam sebulan, omzet para penjual merchandise tersebut bisa mencapai Rp 5.000.000. Namun, jika sedang sepi omzet, mereka masih mendapat uang sekitar Rp 3.000.000 per bulan. Begitu prospektifnya bisnis ini sehingga tampaknya masih terbuka lebar peluang untuk Anda.

Jika Anda tertarik untuk berbisnis merchandise sepak bola, perhatikan analisis bisnisnya berikut:
1.    Modal Awal
a.    Tempat      = Rp    4.000.000
b.    Membeli kaus, syal, dan stiker      = Rp    5.000.000
c.    Rak dan gantungan kaus    = Rp    3.000.000
d.    Lemari etalase    = Rp    3.000.000    +
Jumlah     = Rp    15.000.000
2.    Biaya Operasional
a.    Membeli majalah, poster, dan merchandise      = Rp    3.000.000
b.    Gaji pegawai      = Rp    800.000
c.    Listrik     = Rp    100.000    +
Jumlah     = Rp    3.900.000
3.    Omzet Tiap Bulan
Dengan perhitungan seperti itu, Anda bisa memperoleh omzet senilai Rp 5.000.000
4.    Laba Tiap Bulan
Laba yang Anda peroleh sebesar Rp 1.100.000
Masa kembali modal ± 5 bulan
langkah-langkah tips membuka usaha  BISNIS MERCHANDISE SEPAK BOLA

Advertisement