Langkah-langkah tips membuka usaha bisnis Kios Koran dan Majalah

Langkah-langkah tips membuka usaha bisnis Kios Koran dan Majalah

Advertisement

Advertisement



Kebutuhan masyarakat terhadap beragam infor¬masi saat ini semakin besar. Beragam informasi dari masyarakat, baik di bidang politik, kesehatan, kebudayaan, hingga teknologi sudah menjadi santapan keseharian. Kapan pun dan di mana pun, media mas¬sa, seperti koran dan majalah, selalu dicari-cari oleh beragam kalangan. Mulai dari tukang becak, sopir angkutan umum, hingga pekerja kantoran selalu tertarik untuk meng-update berita-berita terbaru dari media tersebut. Di sinilah, letak pentingnya koran dan majalah.

Bisnis kios koran dan majalah sangatlah mudah untuk dirintis. Siapa pun bisa melakukannya, tak terkecuali bagi seorang mahasiswa. Sebab, di mana pun dan dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda sudah dapat merintis usaha Anda. Meskipun demikian, omzet yang dihasilkan cukup besar. Apa¬bila bisnis ini berjalan baik, maka tidak kurang dari Rp 1.500.000 bisa Anda kumpulkan setiap bulan.

Untuk memulai bisnis ini tergolong cukup mu¬dah. Sebenarnya, yang perlu Anda persiapkan adalah modal ketekunan dan sedikit modal financial untuk membeli koran yang akan dijual, kios yang strategis untuk berjualan koran atau majalah, serta mencari agen koran yang menawarkan harga yang relatif murah. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan ke¬untungan yang lebih banyak.

Persiapan-persiapan tersebut tentu harus di¬tunjang oleh strategi bisnis yang tepat. Untuk me¬narik perhatian konsumen, Anda bisa meletakkan koran dan majalah semenarik mungkin, me¬nawarkan jasa antar bagi orang yang berlangganan bulanan, serta menye¬diakan beragam variasi koran dan majalah. Agar Anda tidak terlalu me¬rugi, Anda bisa menggu¬nakan sistem pembelian dengan tanpa modal atau titip, yaitu dengan cara memesan langsung ke pusat distributor koran.

Sistem pembelian tanpa modal tertentu akan sa¬ngat menguntungkan bagi Anda. Sebab, Anda bisa mengembalikan koran atau majalah jika pada hari itu tidak habis terjual, lalu dikembalikan lagi ke di¬stributor. Selanjutnya, untuk meningkatkan penjjualan dari bisnis Anda ini, Anda bisa mempeker¬jakan beberapa orang untuk menawarkannya di lampu-lampu merah. Hal ini juga bermanfaat bagi mereka lantaran Anda memberikan pekerjaan ke¬pada mereka.

Selain itu, untuk meningkatkan penghasilan Anda, Anda dapat menambah item barang yang dijual, seperti buku cerita untuk anak-anak ataupun komik. Anda juga bisa merekrut banyak orang untuk menjadi loper koran Anda.
Jika Anda tertarik dengan bisnis kios koran dan majalah ini, perhatikan analisis bisnisnya berikut:

 1.    Modal Awal
a.    Tempat      = Rp    3.000.000
b.    Membeli koran, majalah, atau bacaan lain      = Rp    50.000
c.    Rak dan gantungan display    = Rp    50.000
d.    Lain-lain    = Rp    30.000    +
Jumlah     = Rp    3.150.000
2.    Biaya Operasional
a.    Membeli majalah, poster, dan merchandise      = Rp    50.000
b.    Gaji pegawai    = Rp    800.000    +
Jumlah     = Rp    850.000
3.    Omzet Tiap Hari
Omzet yang diperoleh sctiap hari adalah Rp 50.000
4.    Laba Tiap Bulan
Laba per bulan (Rp 50.000 × 30) = Rp 1.500.000
Masa kembali modal ialah ± 3 bulan

Advertisement