Langkah-langkah tips membuka usaha Bisnis Fashion

Langkah-langkah tips membuka usaha Bisnis Fashion

Advertisement

Advertisement


Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion semakin mengalami perubahan. Dunia ini pun ak¬hirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa orang untuk memulai bisnisnya di bidang fashion. Dan, untuk terjun ke dunia itu, jika Anda sebagai maha¬siswa yang bermodal, ada banyak pilihan, mulai dari skala kecil sampai kelas factory outlet, yang disesuai¬kan dengan modal calon owner.

Salah satu rahasia untuk meraih sukses dalam industri fashion adalah bekerja dengan menggunakan kekuatan kreatif, kekuatan strategis, dan kekuatan psikologis optimis dari setiap orang di tempat kerja. Bisnis fashion sangat sensitif terhadap kualitas, mode, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu berubah bersamaan dengan berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen.

Oleh karena itu, dibutuhkan integritas total dari setiap orang di industri fashion untuk bersikap prokreatif dalam mema¬hami dan melayani se¬mua kebutuhan pasar se¬cara sempurna. Adapun menganggap enteng dan melalaikan persepsi pasar merupakan sebuah per¬buatan keliru dalam bisnis fashion.

Konsumen adalah har¬ta karun industri fashion yang akan terus menciptakan nilai tambah buat kemajuan bisnis fashion. Sebuah industri fashion harus benar-benar mema¬hami tentang makna dari semua desain yang dibuat. Dalam hal itu, perlu dikaji mengenai dampak de¬sain fashion tersebut, yang bisa menciptakan rasa nyaman, pantas, dan bahagia buat para pemakainya. Intinya, setiap orang butuh busana untuk menutupi tubuhnya.

Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang cerah. Sebab, semua orang perlu berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau Anda membeli produk, Anda harus ke supplier yang kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif karena diharapkan pemasok/supplier dapat memberi saran mengenai produk yang sedang tren atau disukai pembeli.

Makanya, Anda disarankan untuk memilih model, pola, dan gambar pakaian yang tepat lantaran hal itu sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya, pola gambar dalam pakaian sering mengikuti film yang populer saat ini. Bila tepat memilih, maka pakaian yang Anda jual akan cepat laku, meskipun itu sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang Anda jual akan laris.
Industri fashion memang tidak akan pernah pu¬nah oleh perubahan apa pun. Tetapi, industri fashion selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa ba¬tas untuk menghadirkan karya-karya fashion dengan mode dan tren terbaru, yang mampu menjawab ke¬butuhan dan kepuasan para konsumen.
Langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS FASHION


Jika Anda tertarik berbisnis dalam bidang fashion, cermatilah analisis bisnisnya berikut:
1.    Modal Awal
a.    Tempat      = Rp    5.000.000
b.    Belanja barang-barang      = Rp    6.000.000
c.    Rak dan gantungan pakaian    = Rp    3.000.000
d.    Lemari etalase    = Rp    3.000.000    +
Jumlah     = Rp    17.000.000
2.    Biaya Operasional
a.    Membeli majalah mode/poster      = Rp    1.000.000
b.    Gaji pegawai @Rp 800.000 × 2 orang      = Rp    1.600.000
c.    Promosi     = Rp    100.000
d.    Listrik dan administrasi    = Rp    200.000    +
Jumlah     = Rp    2.900.000
3.    Omzet Tiap Bulan
Tiap bulan, Anda bisa sebesar Rp 5.000.000
4.    Laba Bersih Tiap Bulan
Anda dapat memperoleh laba bersih sebesar Rp 2.100.000
Masa kembali modal ± 5 bulan
Langkah-langkah tips membuka usaha BISNIS FASHION

Advertisement