Cara Budidaya Cacing Tanah Yang Mudah

Cara Budidaya Cacing Tanah Yang Mudah

Advertisement

Advertisement


Cacing tanah ? pasti semua orang akan geli jika melihat hewan yang satu ini. Namun tahukah anda manfaat hewan yang satu ini besar sekali, salah satu contohnya adalah caing tanah bermanfaat bagi para petani, dimana cacing ini bisa menghancurkan bahan organic sehingga bisa memperbaiki struktur tanah tersebut. Akibatnya lahan akan menjadi gembur dan subur serta penyerapan nutrisinya menjadi baik. Selanjutnya keberadaan dari cacing tanah ini juga akan meningkatkan microba yang menguntungkan bagi tanaman para petani. Selain manfaat tersebut ada beberapa manfaat yang lainnya yang dihasilkan oleh cacing.

Manfaat cacing tanah :
•Untuk bahan pakan ternak : kandungan protein, mineral serta lemaknya yang tinggi hewan ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternah seperti ikan, unggas, udang dll.
•Untuk bahan baku pembuatan obat : secara tradisional cacing tanah telah dipercaya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan demam, tipus, sakit gigi, mengobati reumatik pada sendi serta mampu menyembuhkan bronchitis.
•Untuk bahan baku pembuatan kosmetik : cacing tanah juga mampu digunakan untuk bahan baku pembuatan lipstick dan juga pelmbab untuk wajah.
•Untuk makanan manusia : tidah hanya untuk pakan hewan saja, ternyata cacing tanah juga bermanfaat juga bagi manusia khususnya untuk bahan makanan yang dimakan oleh manusia.
Jika anda mampu melihat peluang bisnis yang besar, nampaknya anda harus mencoba untuk budidaya cacing tanah ini, karena di Indonesia sendiri masih sedikit sekali usaha budidaya cacing tanah. Berikutnya saya akan menjelaskan tentang Cara Budidaya Cacing Tanah Yang Mudah.


Persyaratan lokasi untuk budidaya cacing tanah :
•Tanah untuk media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar.
•Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
•Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
•Cara Budidaya Cacing Tanah Yang Mudah selanjutnya adalah kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
•Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15–25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal.
•Lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan agar mudah penanganan dan pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, misalnya di bawah pohon rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yang atapnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan tidak menyimpan panas.
Demikian Cara Budidaya Cacing Tanah Yang Mudah semoga bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement