Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih

Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih

Advertisement

Advertisement

Belut adalah hewan air yang sangat mirip dengan ular, hewan yang satu ini mempunyai tubuh yang licin. Habitat aslinya hewan ini adalah mengubur badannya di dalam lumpur. Namun kini ada alternative lain untuk budidaya belut, dimana medianya tidak lagi menggunakan lumpur sebagai habitatnya, tetapu belut juga mampu bertahan dan berkembang biak didalam air yang bersih, lantas bagaimanakan Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih ? Belut bisa hidup dan bisa dibesarkan didalam air yang bersih  tanpa lumpur adalah teknik terbaru yang pertama kali dikembangkan oleh seorang peneliti di Jepang.

Adapun Keunggulan Bidudaya Belut Di Air yang Bersih :
Belut Menjadi Mudah Dikontrol : Kemudahan saat melakukan pengontrolan terhadap belut yang dibesarkan, selain itu jika terdapat belut yang sakit atau mati, akan mudah terlihat sehingga bisa segera diambil dari kolam.

 Penebaran Benih Belut Lebih Banyak : Budidaya Belut dengan media air yang bersih dapat memungkinkan pembudidaya dalam meningkatkan jumlah belut yang di besarkan dikolam hingga bisa mencapai 30 kali lipat per m2 di banding budidaya belut di media lumpur. Dalam Budidaya belut di air bersih berdasarkan uji coba, untuk ukuran 1m2 bisa ditebar benih belut 30kg, sedangkan di media lumpur penebaran benih untuk ukuran 1 m2 hanya bisa kita tebar 1kg maksimal 1,5kg,

Dapat Meminimalkan Angka Kanibalisme : Seperti binatang-binatang lainnya, belut yang dibesarkan di dalam air yang berlumpur terutama belut jantan atau belut yang sudah mencapai umur 6-8 bulan, akan memperlakukan habitat tempatnya bernaung sebagai daerah kekuasaannya. bila merasa terusik oleh belut yang lain dan daerah kekuasaannya terancam, belut tersebut akan saling serang menyerang.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan terkait bibit belut yang berkualitas :
•Bibit yang digunakan sehat dan tidak terdapat bekas luka.
•Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih dengan pemilihan Bibit yang terlihat lincah dan agresif.
•Penampilan sehat yang dicirikan, tubuh yang keras dan tidak lemas pada waktu dipegang.
•Ukuran bibit seragam dan dikarantina terlebih dahulu.

Adapun beberapa faktor yang bisa mempengaruhu Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih.


Faktor Utama Budidaya belut di Air yang Bersih :

•Air yang digunakan dalam budidaya harus selalu dikontrol dimana suhu yang cocok untuk belut ini adalah 25 sampai 28 drajat celcius.
•Air yang digunakan tidak mengandung zat-zat kimia.
•Kolam harus selalu ada air yang masuk dan keluar, meskipun dalam jumlah yang sedikit (sirkulasi air).
•Jika di kolam budidaya belut tidak ada airnya maka kolam harus selalu dibersihkan setidaknya 1 kali selama 2 sampai 3 hari.
demikian untuk postingan kali ini mengenai Tips Budidaya Belut di Air yang Bersih, semoga bemanaat bagi sahabat semuanya.

Advertisement