Tips Budidaya Ikan Koi bagi pemula

Tips Budidaya Ikan Koi bagi pemula

Advertisement

Advertisement


Di Indonesia ikan koi telah populer sejak tahun 1960-an. Saat itu Presiden Sukarno diberi hadiah berbagai macam ikan koi oleh pemimpin Cina. Kemudian Presiden memberikan ikan tersebut kepada para pembudidaya ikan di Batu, Jawa Timur, untuk dikembangbiakan. Benih ini menjadi cikal bakal pengembangan koi lokal. Budidaya ikan koi ini cukup mudah sekali dilakukan. Tahapan-tahapan untuk membudidayakannya hampir sama dengan tahapan budidaya ikan mas. Namun yang menjadi krusial adalah bibit ikan koi yang berkualitas. Anda penasaran dengan Tips Budidaya Ikan Koi? Berikut ini saya akan menjelaskannya. Sebelum memulai budidaya ikan koi hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemilihan indukan ikan koi.

Memilih indukan untuk budidaya ikan koi
Memilih indukan memang mempunyai peranan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan yang mempunyai kualitas bagus secara genetis akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. Indukan yang berkualitas biasanya dimiliki oleh para penangkar ataupun para penghobi. Para pengehobi ini biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas super, baik untuk dipelihara sendiri maupun untuk kontes.

 Selain dari keturunan ataupun sifat genetis, calon indukan ikan koi harus memiliki ciri-ciri sebagai ini diantaranya adalah :
•Mempunyai umur yang sudah cukup matang, yakni lebih dari 2 tahun.
•Memiliki jenis yang sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku.
•Bentuk tubuh yang ideal, jika dilihat dari atas tampak seperti torpedo.
•Gaya berenangnya tenang serta seimbang.
•Warna yang ada pad tubuhnya terlihat cemerlang dan kontras.
•Sehat atau  gerakannya gesit tidak hanya banyak diam terus di dasar kolam.
•Indukan jantan maupun betina telah matang gonad.
Tips Budidaya Ikan Koi yang selanjutnya yakni pemiliharaan untuk indukan ikan koi.

Pemeliharan indukan untuk ikan koi :
Sebaiknya indukan untuk ikan koi ini dipelihara di dalam kolam yang khusus. Kedalaman kolam setidaknya kira-kira 150 cm atau lebih dalam juga lebih baik. Selain itu untuk kepadatan kolam juga harus anda perhatikan. Dimana ukuran kolam 4 x 5 meter hanya mampu menampung 20 ekor indukan betina dan 40 ekor indukan jantan, indukan betina lebih sedikit dikarenakan indukan betina biasanya mempunyai ukuran badan yang lebih besar daripada sang jantan. Indukan jantan dan betina sebaiknya dipisahkan hal ini bertujuan agar saat pemijahan indukan tidak memerlukan pemberokan lagi. namun secara umum pemeliharaan untuk kolam indukan sama dengan kolam pembesaran,
Untuk masalah pakannya, berikan pakan pellet yang berukuran 8 mm dengan catatan indukan yang sudah berumur 2 tahun dan mempunyai ukuran 60 cm. jumlah pakan yang diberikan untuk indukan sebaiknya 3 sampai 5 % dari bobot tubuhnya dan berikan 2 – 4 kali dalam satu hari. 

Demikian Tips Budidaya Ikan Koi semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement