Tips Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula

Tips Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula

Advertisement

Advertisement


Jamur tiram dapat tumbuh serta berkembang biak dalam media yang terbuat dari serbuk kayu yang sudah dikemas dalam kantong plastik. Pertumbuhan jamur tiram ini sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui mengenai kondisi yang cocok untuk pertumbuhannya sebelum kita melakukan budidaya jamur tiram.

Pada kehidupan alaminya jamur ini tumbuh di hutan dan biasanya tumbuh berkembang dibawah pohon yang berdaun lebar. Jamur yang satu ini tidak memerlukan cahaya matahari yang banyak. Berikut ini saya akan mengulas tentang Tips Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula. Anda penasaran ? langsung saja berikut ini ulasannya.

Penanaman bibit jamur tiram :
•Penanaman bibit jamur tiram dilakukan pada ruangan atau tempat yang tertutup dengan sirkulasi udara yang minim.
•Kemudian semprotlah seluruh ruangan pembibitan dengan menggunakan alcohol yang berkadar 95%.
•Gunakanlah sarung tangan yang steril dan semprot sarung tangan menggunakan alcohol 95% juga.
•Untuk memudahkan dalam waktu pembibitan , media yang akan diinokulasi disimpan di depan dekat dengan tangan kiri. Sedangkan bibit yang akan di tanamkan disimpan di dekat tangan yang sebelah kanan. Diantara media yang akan ditanami dan bibit disimpan lampu spirtus.
•Bukalah karet, kapas penutup media serta kertas penutup media.
•Tips Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula selanjutnya masukkan 3 sendok makan bibitnya untuk satu log media.
•Setiap gerakan sendok yang dipakai untuk bibit, dipanaskan dengan menggunakan lampu spiritus.
•Setelah media sudah ditanami bibit jamur tiram, selanjutnya tutup media tersebut dengan menggunakan kapas.
•Dan yang terakhir hanya sekedar catatan saja jika penanaman bibit harus dikerjakan dengan cepat namun juga harus dengan teliti.
Panen Jamur tiram :
Cirri-ciri jamur tiram yang sudah siap dipanen yaitu : jamur tiram ini akan mempunyai rasa yang enak jika dipanen dalam umur yang masih muda. Proses pemanenan ini bisa dilakukan apabila tubuh dari jamur ini sudah mencapai ukuran yang maksimal yakni selang 2 sampai 3 hari. Selanjutnya panen atau petik jamur tiram ini dari pangkal batangnya, karena sisa pangkal batang yang busuk akan merusak tanaman ini. Potonglah jamur dengan menggunakan pisau yang steril. Stelah itu anda dapat menyimpannya pada wadah plastic dengan tumpukan maksimal 15 cm.

Nah itulah tadi ulasan mengenai Tips Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula serta cara memanen jamur tiram, cukup mudah bukan ? hal sederhana ini bisa anda lakukan di rumah anda sendiri. Selain bisa menambah pengalaman, dengan mengkonsumsi jamur secara teratur juga akan membantu dalam memulihkan kesehatan tubuh anda.

Advertisement