Tips Budidaya Undur-Undur Dengan Mudah Untuk Obat

Tips Budidaya Undur-Undur Dengan Mudah Untuk Obat

Advertisement

Advertisement

Untuk membudidayakan undur-undur ini tidak terlalu sulit. Biasanya undur-undur mulai dipelaihara sejak fase larva. Untuk pemeliharaannya, anda bisa memakai cetakan agar atau bisa juga menggunakan gelas aqua untuk pemmeliharaan secara soliter.  Hal yang perlu anda perhatikan adalah hindarkan sarangnya dari sinar matahari langsung atau pun siraman air.

Namun lebih baik ketika anda memeliharanya di luar secara terbuka, karena ketika memakai media terbatas, biasanya hanya bisa mencapai pupa saja dan ketika bisa mencapai imago biasanya sayapnya serta ekornya tak sempurna. Ketika anda memeliharanya di luar ruangan, maka setelah mereka menjadi imago, biasanya akan didapati sarang baru di dekat sarang yang lama, sebab para induk bertelur di sana. Sehingga anda bisa memiliki undur-undur lebih banyak. Namun hal ini tentunya harus didukung dengan kenyamanan dan juga ketersediaan pangan yang ada. Anda penasaran dengan cara budidaya undur-undur ? berikut ini saya akan memberikan Tips Budidaya Undur-Undur.

Cara Panen Undur-Undur
•Dipancing dengan memakai serangga, misalnya semut merah atau serangga lain yang diikat dengan tali. Setelah serangga itu di gigit, maka undur-undur akan lebih mudah ditangkap.
•Ditiup dengan memakai sedotan, sehingga pasir yang ada di sekitar sarang akan beterbangan dan undur-undur akan terlihat sehingga lebih mudah ditangkap.
•Diayak dengan saringan the atau sejenis yang lainnya , jadi pasir yang sudah anda sendok tadi dituangkan ke saringan teh, sehingga anda bisa mengayaknya dan melihat undur-undurnya.
•Didorong pakai lidi. Cara ini yang biasanya digunakan para pemburu. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memasukkan lidi ke tengah pusaran, sehingga undur-undur tersebut akan bergerak mundur. Setelah melihat arah geraknya, dorong dari belakang, sehingga ia akan keluar dari sarangnya.
Selain meraup untung yang tinggi saat usaha budidaya undur-undur, namun ada hal lain yang bisa dimanfaatkan dari undur-undur, yakni untuk bahan obat-obatan. Lantas apa manfaat undur-undur yang lainnya .

Manfaat Undur-Undur :
Penggunaan undur-undur mampu untuk mengobati penyakit diabetes, dalam terminologi orang awam, hanya merupakan “pengobatan dukun” yang telah turun-temurun sejak dulu dan terbukti mujarab. Meski begitu, ternyata dalam perkembangannya telah ada praktisi kesehatan yang juga sering membuatkan resep Undur-undur untuk mengatasi gangguan gangren akibat kadar gula darah tinggi. Dalam teori kesehatan, Undur-undur memang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu undur-undur juga mampu memecahkan gumpalan-gumpalan darah yang menyumbat.

Para praktisi kesehatan meyakini bahwa undur-undur ini juga bisa membuat regenerasi sel menjadi lebih baik. Demikianlah ulasan mengenai Tips Budidaya Undur-Undur serta manfaat dari undur-undur, semoga bisa menambah wawasan anda serta bisa memberi manfaat yang banyak bagi anda.

Advertisement