Tips Cara Budidaya cacing Sutera

Tips Cara Budidaya cacing Sutera

Advertisement

Advertisement

Di Indonesia sendiri cacing sutra dikenal dengan nama lain cacing rambut yang merupakan cacing dengan ukuran kecil seukuran dengan rambut dan berwarna kemerahan serta panjang sekitar 1-3 cm. baru-baru ini budidaya ikan semakin berkembang, jadi kebutuhan akan pakan menjadi salah satu masalah yang menjadi perhatian serius para pebisnis atau para budidaya cacing. Salah satu pakan yang kini banyak digunakan oleh kolektor ikan ikan hias adalah cacing sutra. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang Tips Cara Budidaya cacing Sutera.

Pemeliharaan cacing sutera :
•Kolam tanah/terpal yang berukuran 8 x 1,5 m dengan kedalaman 30 cm.
•Isi dengan sedikit lumpur (gunakan lumpur bebas limbah kimia). Apabila matahari cukup terik, jemur kolam selama sehari. Bersamaan dengan itu, bersihkan kolam dari rumput atau hewan lainnya yang menjadi hama bagi cacing sutra, misalnya keong mas ataupun kijing.
•Tips Cara Budidaya cacing Sutera selanjutnya pipa Air Keluar dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik.Pipa Pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari bahan paralon berdiameter 2 inci dengan panjangsekitar 15 cm.
•Usai penjemuran, usahakan kondisi dasar kolam bebas dari bebatuan serta benda-benda keras lainnya. Dasar kolam diisi dengan lumpur halus yang berasal dari saluran kolam yang banyak mengandung bahan organik sehingga ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm. Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan, sehingga benar-benar terlihat rata dan tidak terdapat lumpur yang keras.
•Untuk memastikannya, gunakan aliran air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Jika kondisinya benar-benar rata, berarti kedalaman air akan terlihat sama di semua bagian. Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan, kemudian sebar secara merata dan selanjutnya bisa diaduk-aduk dengan kaki. Setelah dianggap datar, genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm, sesuai panjang pipa pembuangan. Kemudian pasang atap peneduh untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam.
•Kolam yang sudah tergenang air tersebut dibiarkan selama satu minggu agar gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang. Cirinya, media sudah tidak beraroma busuk lagi. Tebarkan 0,5 liter gumpalan cacing sutra dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalambaskom agar gumpalannya buyar. Cacing sutra yang sudah terurai ini kemudian ditebarkan di kolam budi daya ke seluruh permukaan kolam.
Panen Cacing Sutera
Panen cacing sutera dilakukan setelah budidaya berlangsung selama 2 minggu. Cara pemanenan cacing sutera dengan menggunakan serok halus/lembut. Cacing sutera yang didapat dan masih bercampur dengan media budidaya dimasukkan kedalam ember atau bak yang diisi air, kira –kira 1 cm diatas media budidaya agar cacing rambut naik ke permukaan media budidaya. Ember ditutup hingga bagian dalam menjadi gelap dan dibiarkan selama enam jam. Setelah enam jam, cacing rambut yang menggerombol diatas media diambil dengan tangan. Demikian ulasan mengenai Tips Cara Budidaya cacing Sutera semoga bermanfaat.

Advertisement