Tips Cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap

Tips Cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap

Advertisement

Advertisement


Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Budidaya ikan cupang juga tidak memerlukan area atau tempat luas serta modal yang tidak besar. Anda dapat melakukan bisnis ini sebagai usaha rumahan. Ikan cupang atau dengan nama lain (Betta sp.) merupakan ikan air yang hidup di air tawar dan daerah tropis. Ikan ini banyak sekali ditemukan di perairan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Di alam bebas ikan ini hidup secara berkelompok dan mempunyai habitat di rawa-rawa, sungai serta danau dengan arus yang tenang. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Tips cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap.

Memilih indukan ikan cupang
Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai budidaya ikan cupang adalah, anda harus mendapatkan indukan atau bibit yang berkualitas. Indukan yang baik atau berkualitas sebisa mungkin mempunyai keturunan yang unggul, bebas penyakit, kondisinya bugar, serta tidak cacat bawaan. Selain itu letakkan indukan jantan maupun betina pada tempat yang terpisah.

Berikut ini langkah-langkah pemijahan ikan cupang :
-Isilah tempat pemijahan ikan dengan air bersih setinggi kurang lebih 10-15 cm. Hindari penggunaan air PAM yang berbau kaporit atau air dalam kemasan.
-Tambahkan tanaman air, sebagai tempat berlindung. Tetapi penempatan tanaman air jangan terlalu padat. Sebab tanaman air berpotensi mengambil oksigen yang ada dalam air.
-Masukkan ikan cupang jantan yang sudah siap kawin. Biarkan ikan cupang tersebut selama 1 hari di dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. Hal tersebut bertujuan untuk menyimpan telur yang telah dibuahi.kemudian masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Dengan cara, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening kemudian benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada.
-Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari suara yang bising.
-Setelah terjadi pembuahan angkat segera indukan betina, karena yang bertanggung jawab untuk membesarkan serta menjaga anak-anaknya adalah ikan cupang jantan. Ikan cupang jantan menggunakan mulutnya untuk memunguti telur yang sudah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan yang betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan ikan cupang betina.
-Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi anakan. Selama 3 hari kedepan anakan tersebut tidak perlu diberi pakan lagi karena masih ada nutrisi yang terbawa dalam telurnya. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga anakannya.
-(Tips cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap) setelah tiga hari, berikan kutu air (daphnia). Pemberian pakan jangan lebih banyak dari anakan karena pakan akan mengotori air serta menyebabkan kematian pada anakan.
-Indukan jantan baru diambil setelah anakan berumur 2 minggu terhitung. Setelah itu pindahkan anakan tersebut pada wadah yang lebih besar.
- Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya.
Demikianlah cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap semoga bermanfaat.

Advertisement