Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam terpal

Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam terpal

Advertisement

Advertisement


Ikan gurame sangat banyak digemari oleh para pecinta kuliner, dagingnya yang padat dan duri-duri yang besar sungguh memanjakan lidah para pecinta kuliner, ditambah lagi rasanya yang enak dan juga gurih. Budidaya ikan gurame ini menjadi salah satu pilihan bisnis yang menggiurkan karena nilai jualnya yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. Usaha budidaya ikan gurame ini bisa di kerjakan sesuai dengan modal. Dari modal yang kecil hingga yang modal besar pun bisa untuk meningkatkan budidaya ikan gurame.oleh sebab itu budidaya ikan gurame ini cocok bagi siapapun. Nah kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal.

Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal
Bagi anda yang tidak mempunyai lahan atau tempat yang cukup untuk bididaya ikan yang satu ini, anda dapat membudidayakan ikan gurame ini dengan menggunakan media kolam dari terpal. Hal ini bisa dilakukan karena pada intinya ikan gurame hanya memerlukan air bersih yang cukup untuk berkembang biak. Pembuatan kolam berbahan baku terpal ini bisa menjadi solusi untuk anda yang memiliki lahan atau area yang sempit. Selain itu juga perhitungkan jumlah ikan yang akan dibudidayakan, jangan sampai jumlah ikan gurame tidak sesuai dengan kapasitas kolam yang akan membuat ikan mudah menjadi stres. Misalnya untuk kolam ukuran 1 x 1 meter dan mempunyai kedalaman 90 cm dapat berisi sekitar 10 ekor ikan gurame yang mempunyai berat sekitar 2. 5 ons. Dan jika ikan gurame bertumbuh semaikn besar maka jumlahnya harus di kurangi. Namun jika hal tersebut tidak anda lakukan maka anda membutuhkan filter air yang ideal. Caranya dengan mengalirkan air kolam  dengan pompa ke satu system penyaringan, setelah melewati penyaringan air masuk kembali ke kolam. Setelah mengetahui Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal, selanjutnya akan saya jelaskan mengenai pemeliharaan ikan gurame.
Pemeliharaan Ikan Gurame
Tips Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal beri pakan ikan gurame 2 kali dalam 1 hari, pada pagi maupun sore hari. Gunakan  pellet dengan kandungan protein 25% sampai dengan 30 %. Anda juga bisa menambahkan daun-daunan atau sayuran sebagai makanan tambahan ikan gurame. Daun-daunan dan sayuran juga berguna untuk kesehatan serta perkembangan biakan ikan gurame.

Budidaya ikan gurame dengan media terpal ini, usahakan jangan memberi pakan yang berlebihan, jika ada makanan yang tersisa sebaiknya segera anda bersihkan. Karena pakan sisa dan kotoran ikan yang terdapat pada kolam mempunyai kandungan zat amoniak yang sangat berbahaya buat perkembangan ikan karena mempunyai sifat toksin. Oleh sebab itu anda harus menjaga kualitas air di dalam kolam, karena akan mempengaruhi perkembangan ikan gurame. Berikan pakan ikan gurame secara teratur serta tidak berlebihan.

Advertisement