Tips Cara Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal

Tips Cara Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal

Advertisement

Advertisement


Berternak merupakan salah satu usaha atau bisnis yang cukup menggiurkan bagi sebagian banyak orang. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki tempat serta tempat tinggal yang mendukung untuk usaha budidaya ikan sidat ini. Membudidayakan jenis ikan yang satu ini tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu memperhatikan trik serta strategi untuk beternak ikan sidat ini. Untuk area kita bisa menggunakan halaman rumah kita, sedangkan untuk kolamnya kita bisa menggunakan kolam dari terpal. Anda penasaran dengan Tips Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal ? berikut ini ulasannya.

Kelebihan Kolam Terpal Untuk Budidaya :
Banyak sekali kelebihan kolam terpal jika digunakan untuk budidaya ikan sidat. Selain Tips Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal, kita perlu tahu juga tentang kelebihan kolam terpal ini.
•Hasil budidaya untuk ikan sidat tidak bau tanah
•Mudah dibersihkan
•Biaya untuk pembuatan kolam lebih kecil
•Saat panen, bisa dilakukan dangan mudah
•Jenis kolam yang mini sangat sesuai dengan area yang kekurangan air
•Temperature air dalam kola mini sangat stabil
Cara membuat kolam ikan sidat dengan menggunakan terpal :
Selain kelebihan beternak ikan sidat didalam kolam terpal, kita juga harus mengetahui cara pembuatan kolam terpal untuk budidaya ikan sidat ini.
•Pertama-tama buatlah rangka kolam, anda bisa menggunakan media kyu ataupun besi. Kemudian untuk sisinya buatlah pagar dari media bamboo ataupun kayu.
•Kemudian siapkan alas sebelum memasang terpal, hal ini untuk menghindari terpal robek jika terkena benda tajam, anda bisa menggunakan sekam untuk alasnya.
•Setelah itu pasanglah terpal dan kemudian ikat dengan kuat pada rangkanya.
•Untuk sirkulasi airnya anda harus menyiapkan peralatan lainnya seperti pompa air, selang untuk udaranya, serta filter kolam.
 
budidaya ikan sidat di terpal
budidaya ikan sidat

Pakan yang Sesuai untuk Ikan Sidat
Selain dalam hal kolam serta peralatan untuk budidaya ikan sidat di kolam terpal serta Tips Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal anda juga harus memperhatikan masalah pakan yang juga akan berpengaruh pada pembenihan. Pakan yang bisa diberikan untuk ikan sidat antara lain : Cacing tanah, pelet yang berprotein lebih dari 40% baik yang tenggelam maupun apung, serta udang maupun kepiting kecil yang masih hidup.
Tips Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal
Pertama pompa kolam mempunyai peran yang sangat penting dalam budidaya ikan sidat ini, yaitu untuk penggerak air serta berperan memperkaya oksigen dalam air. Ketika anda memberikan pakan pada ikan sidat, jangan lupa matikan pompa pada kolam terlebih dahulu, sehingga pakan ikan dapat fokus pada area yang tertentu. Berikan pakan secara teratur sekitar sehari tiga kali. Kemudian untuk pakan segar, misalnya udang atau cacing,bisa di berikan paling tidak tiga kali dalam 1 minggu.

Advertisement