Tips membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu

Tips membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu

Advertisement

Advertisement

Keuntungan yang maksimal adalah bonus yang kita dapatkan jika usaha kita telah maksimal. Dengan mengandalkan semua potensi dalam setiap usaha yang kita geluti adalah hal wajib yang wajib yang harus kita lakukan jikalau ingin sukses besar. Tidak terkecuali usaha budidaya lele. Banyak alternatif pakan lele lain yang bisa kita buat sendiri guna memaksimalkan keuntungan yang akan kita peroleh. Karena dengan meracik atau membuat pakan lele sendiri maka kita akan mengurangi budget biaya pembelian pakan atau pelet lele yang harganya lumayan mahal.

Bukan hanya masalah budget biaya, tetapi banyak keuntungan lainnya yang akan kita peroleh ketika kita membuat sendiri pakan lele dari ampas tahu tersebut. Salah satunya yaitu agar lele dapat berkembang biak seperti pada habitat aslinya yaitu dengan memakan makanan yang berasal dari bahan organik sehingga ikan lele akan tumbuh lebih baik. Disamping itu pembuatan pakan lele alternatif dari ampas tahu ini juga menjadi jalan keluar untuk permasalahan limbah tahu itu sendiri. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membuat sendiri pakan lele alternatif dari ampas tahu. Berikut ini adalah Tips membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu.


Sebelum Tips membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu,  pertama-tama kita siapkan bahannya terlebih dahulu.
Bahan membuat pakan lele dari ampas tahu :
•Ampas tahu kurang lebih 5 Kg
•Dedak yang sudah halus kurang lebih 5 Kg
•Tepung ikan 1 Kg
•Tetes tebu kurang lebih 1 liter
•Probiotok atau EM4 – perikanan sebanyak 200 ml
•Serta ragi tempe kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata, setelah itu masukkan sadonan yang sudah rata kedalam ember ataupun drum. Selamjutnya tutup drum tersebut dan lubangi sedikit, kemudian masukkan slang kedalam lubang tersebut dan tutup ujung slang tersebut dengan menggunakan plastic. Diamkan selama 5 hari untuk fermentasi.

Ketentuan pemberian pakan lele dari ampas tahu :
•Anda bisa memberikannya langsung ke lele dengan cara pakan tersebut dikepalkan supaya lele bisa mengkonsumsinya secara langsung.
•Pakan ini lebih baik anda gunakan atau anda berikan pada lele yang sudah berumur kurang lebih 1 bulan, selain itu pemberian pakan lele alternative  dari ampas tahu ini jangan diberikan bersamaan dengan pakan lele berbahan baku pellet.
•Prosentase pemberiannya yakni 5% dari biomas atau 1,5 sampai 2 kali jumlah pemberian untuk pakan pellet.
•Pemberian pakan ampas tahu ini bisa diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam waktu 1 hari.
Demikianlah ulasan mengenai Tips membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu semoga bermanfaat.

Advertisement