Tips Mudah Cara Budidaya Kroto di Dalam Toples

Tips Mudah Cara Budidaya Kroto di Dalam Toples

Advertisement

Advertisement

Kroto ? siapa yang tidak kenal dengan hewan yang satu anda, apalagi anda para pencinta burung pasti sebagian besar telah sering menjumpai bahkan sering membeli hewan ini dipasar burung. Karena kroto ini merupakan salah satu makanan favorit para kicau mania. Namun semakin banyaknya pemesan kroto akhir-akhir ini membuat kroto semakin susah untuk ditemukan, kalu pun ada harganya pasti relative mahal. Namun jangan khawatir disini saya akan menccoba menjelaskan kepada anda tentang Tips Mudah Budidaya Kroto di Dalam Toples. Anda penasaran ? langsung saja berikut ini ulasannya.

Tips Budidaya kroto dengan toples :
•Pertama-tama sebelum anda memulai budidaya kroto anda harus menyiapkan kandangnya terlebih dahulu, dimana ukuran kandang atau rak untuk kroto biasanya berukuran 60 cm x 160 cm serta mempunyai tinggi sepanjang 1,5 meter.
•Selanjutnya jika kandang sudah jadi, siapkan bibit kroto : anda bisa menggunakan bibit kroto dengan cara mencari dilam bebas, namun jika anda tidak mempunyai waktu yang cukup anda bisa memebelinya dipenjual bibit kroto.
•Setelah membeli bibit kroto jangan lupa bukalah selatip yang menempel pada toples : hal ini biasanya terjadi jika anda beli bibit kroto dipenjual, karena para penjual nebyolatip toplesnya agar semua kroto tidak lepas. Setelah anda buka jangan lupa untuk memberikan lubang agar semut kroto bisa keluar masuk untuk mencari makanan dan minuman.
•Tips Mudah Budidaya Kroto di Dalam Toples selanjutnya siapkan makanan untuk semut krotonya : anda bisa menggunakan jangkrik, ulat hongkong, bangkai ikan yang segar untuk makanan semut kroto ini.
•Siapkan minumnya : anda harus menyiapkan air gula untuk minumnya kroto ini. Biasanya untuk 20 hingga 50 toples anda cukup menyiapkan minum sebanyak 1 liter.
Selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan saat budidaya kroto antara lain adalah : sinar matahari secara langsung, jika kroto yang sedang anda budidayakan terkena sinar matahari secara langsung maka semut-semut tersebut akan mati. Pencemaran air, udara maupun suara, karena sifat dari semut ini mudah sekali stress apabila mendengar suara yang gaduh dan bising. Anda juga jangan terlalu sering memandangi kinerja semut ini karena ini bisa mengganggu perkembangbiakan semut waktu bertelur dan yang terakhir hindari ruangan yang cerah, karena semut akan kabur jika anda tempatkan mereka di ruangan yang cerah atau banyak sinar.

Panen semut kroto :
Larva atau anakan kroto bisa dipanen pada kisaran umur 10 sampai 20 hari. Cara memanennya adalah dengan menuangkan toples sarang semut kedalam toples pembibitan. Kemudian ambil sekit demi sedikit anak atau larva dari semut rang-rang tersebut.

Demikian ulasan mengenai Tips Mudah Budidaya Kroto di Dalam Toples semoga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih..

Advertisement