Tips Dan Cara Menanam tanaman Hias Bunga Dalam Pot

Tips Dan Cara Menanam tanaman Hias Bunga Dalam Pot

Advertisement

Advertisement


Tanaman Bunga Hias, siapa yang menginginkan area pekarangan rumahnya indah dan terlihat adem?pastinya setiap orang menginginkanya, termasuk penulis juga sangat kepengen sekali tapi ada hambatan ketika pekarangan rumah kita tidak luas seperti orang-orang kaya bisa memiliki pekarangan yang luas untuk taman dan area bermain anak.

Jangan berkecil hati bagi sahabat semuanya sebenarnya meskipun kita tidak memiliki area yang luas, rumah kita masih bisa kita tanam berbagai tanaman hias dengan mengunakan tempat bunga/pas bunga atau pot.
perlu sahabat ketahui menanam bunga hias itu ternyata ada trik tersendiri tidak asal tanam saja. berikut dibawah ini penulis akan jelaskan secara gamblang, padat jelas..hehe,,


Persiapan Media Tanam yang baik :
1. Letakan sebagian pecahan batu merah (juga sebagai pengikat air) di basic pot.

2. Isi pot dengan kombinasi tanah yang ideal untuk masing-masing type

Kombinasi umum ; pasir 1/3 sisi, tanah 1/3 sisi, 1/3 sisi pupuk kandang
Kombinasi untuk type sukai kering ; pasir ½ sisi, 1/2 sisi pupuk kandang
Kombinasi untuk type sukai lembab : tanah ½ sisi, 1/2 sisi pupuk kandang

3. Media siap untuk ditanami.
Langkah Pengepotan yang Baik
Pastikan pot tanaman serta media tumbuh yang sesuai sama type tanaman hias yang bakal kita potkan. Pot juga mesti sesuai dengan tempat di mana serta bagaimanakah pot itu ditempatkan.
Apabila pot serta media yg sudah disediakan ada, yakinkan pot mempunyai lubang drainase yang cukup. Isikan media lebih kurang 1/3 sisi pot. masukkan tanaman, upayakan media asal yang melekat pada tanaman masih tetap ada, supaya tanaman tak alami stres waktu menyesuaikan dengan media yang baru.
Imbuhkan lagi media tanam, sembari tanaman dipegang selalu dengan samping tangan. Sesudah nyaris penuh, tekan media perlahan dengan ibu jari supaya tanaman bisa berdiri kokoh. Pot janganlah di isi hingga penuh, sisakan seputar 2 cm dari bibir pot supaya gampang saat lakukan penyiraman.
Sesudah pengepotan usai, siramlah tanaman hias seperlunya. Dinding luar serta basic pot dibikin bersih dari kotoran serta media tanam yang masih tetap melekat saat sebelum ditempatkan pada tempat yang di idamkan.

 Langkah Pengairan Pot yang Tepat:

Cara-cara mengairi tanaman dalam pot dalam ruang yakni :
1. Air diberikan lewat alas pot. Dengan langkah tersebut air bakal meresap ke atas ke media tanam dengan lewat system kapiler. Keuntungan media tak terlampau basah, namun ketersediaan air cukup terjamin. Untuk menolong peresapan air ke media tanam baiknya dipasang tali dari media ke alas pot melalui lubang drainase.
2. Air diberikan segera pada media tanam. Pada langkah tersebut air bisa disiramkan segera pada permukaan media tanam atau bisa lewat pipa yang ditancapkan ke media tanam. Upayakan air siraman tak tentang tanaman hias dengan cara segera.
Saat paling baik untuk lakukan penyiraman tanaman hias yaitu pada pagi hari kurang lebih jam 7 -10 pagi atau sore hari.

Demikian sudah untuk postingan kali ini mengenai Cara Menanam Tanaman Hias di Dalam Pot , semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya. jangan lupa baca juga artikel mengenai cara membuat cireng isi.

Advertisement