Tips Dan Trick Budidaya Ikan Tuna Supaya Tidak Salah Langkah

Tips Dan Trick Budidaya Ikan Tuna Supaya Tidak Salah Langkah

Advertisement

Advertisement


Cara Budidaya Ikan Tuna, Ikan Tuna yang Tersebar luas di kepulauan Aceh sampai maluku ini sangat banyak sekali dikonkumsi oleh para warga indonesia. para nelayan tiap hari berlayar untuk menangkap ikan ini dan untuk dijual untuk pasokan ke kota-kota besar.

Jakarta Merupakan Kota yang palingbanyak mengkonsumsi ikan ini karena ikan ini kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh kita,  ikan tuna ini sangat banyak skeali varianya mulai Bullet Tuna, Frigated Tuna, Eastern Little Tuna, Skipjack Tuna, Longtail Tuna, Yellowfin Tuna, Albacore, Bigeye Tunadan Southern Bluefin Tuna.

Bagi Para Nelayan yang memiliki kemampuan modal serta kegigihan ikan tuna ini bisa dibudidayakan dan sangat mudah sekali untuk membudidayakanya, ini prospek yang bagus sekali untuk dijadikan tambahan penghasilan malahan bisa dijadikan usaha pokok bagi para nelayan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan keuntungan yang besar dibutuhkan beberapa langkah yang cerdas yang harus dilakukan dalam budidaya ikan tuna ini , adapun Langkah-langkah Bisins Ikan Tuna yang harus dipersiapkan untuk bisnis ini:

1.Tetapkan Cara serta Media
Pertama yang perlu di perhatikan dalam langkah beternak ikan tuna yaitu tentukanlah terlebih dulu cara serta media dari budidaya ikan itu yang nanti bakal dipakai. Umumnya serta yang seringkali dalampemeliharaan budidaya ikan tuna itu dengan memakai keramba jaring apung, yakni berbentuk kolam dari jaring-jaring yang telah ditancapkan ke basic serta jaraknya sebagian mtr. dari bibir pantai. Tetapi pembudidayaan ikan tuna ini dapat juga memakai kolam resirkulasi, pada kolam yang memakai system resirkulasi tertutup yang bikin ikan tuna sangatlah susah untuk melepaskan dianya serta budidayanya akan tidak mencemari lingkungan. Masalah yang perlu dihadari dari system resirkulasi yaitu keperluan listrik serta biayanya yang termasuk cukuplah tinggi.

2. Pengumpulan Benih
Langkah yang ke-2 dalam langkah ternak ikan tuna itu yaitu pengumpulan benih. Biasanya benih dari ikan tuna itu bisa didapat dari penangkapan di alam serta lalu di besarkan di kolam dengan maksud tingkatkan kandungan lemak pada ikan tuna itu yang dapat bikin ikan tuna bakal jadi lebih lezat. Tetapi untuk ikan tuna sirip biru, Anda cuma dapat memperoleh benihnya dari induk dari kolam penangkaran, lantaran telah banyak pengembangan ikan tuna sirip biru sekarang ini, tetapi dengan cost budidaya yang sangatlah tinggi dibanding membudidayakan ikan tuna type yang lain.

3.Pemberian Pakan
Ketiga yaitu dalam soal pemberian pakan tuna. Budidaya dari ikan tuna yang baik serta bagus bakal memerlukan sekurang-kurangnya seputar 2. 000 bibit ikan pada tiap-tiap periode dari budidaya serta ikan tuna itu bakal konsumsi makanan sampai berton-ton pakan. Ikan tuna adalah ikan karnivora yang bakal mengonsumsi ikan type lain. Baiknya berilah pakan ikan seperti ikan sarden, ikan pilchard atau ikan teri, lantaran ikan-ikan itu memiliki kandungan lemak yang terbilang tinggi dibanding ikan type yang lain.

4.Pemanenan Ikan Tuna
Hal ke empat dalam tehnik beternak yaitu waktu pemanenan ikan tuna. Dalam memanen ikan tuna baiknya segera untuk turun ke keramba jaring tancap dengan beberapa pekerja serta lalu melemparkan tangkapan ikan-ikan tuna itu ke perahu kecil yang telah disediakan pada awal mulanya untuk menyimpan ikan tuna yang bakal dipanen. Kerjakanlah hingga ikan tuna dalam keramba tinggal sedikit serta susah untuk di tangkap, gunakanlah pancing rawai tuna untuk memperoleh bekas panen ikan tuna yang susah di tangkap itu.

Setelah sahabat mengetahui 4 langkah Budidaya Ikan Tuna ini, insaaloh sahabat bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal ketika mencoba bisnis ikan tuna ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semuanya, jangan lupa sahbat baca juga artikel mengenai Cara Beternak Ayam Poland.

Advertisement