Pengertian dan Contoh Descriptive Text

Pengertian dan Contoh Descriptive Text

Advertisement

Advertisement


Pengertian dan Contoh Descriptive Text, Salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris yang sering muncul dalam tes adalah Descriptive Text. Sebelum kita membahas tentang teks ini ada baiknya kita mengenal arti dari kata descriptive itu sendiri. Descriptive adalah kata sifat yang berarti deskripsi atau gambaran. Jadi, descriptive text adalah sebuah teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik pada manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda mati misalnya rumah, mobil, gunung dan lain sebaigainya. 

Tujuan dari Descriptive Text sebenarnya dapat kita tebak dari arti kata descriptive itu sendiri yaitu untuk menggambarkan segala sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan, atau benda mati dengan sifat yang melekat pada mereka seperti bentuknya, jenis, warna, ukuran dan lain sebagainya sehingga pembaca dapat mengetahui keadaan dari sesuatu yang digambarkan itu walaupun pembaca belum pernah melihatnya.
Generic Structure atau struktur teks dari descriptive text sudah fix atau sudah ditetapkan sehingga jika kalian ingin menulis tentang teks ini maka kalian harus mengikuti sususan struktur teksnya. Sususan descriptive text adalah sebagai berikut:

1.Identification: bagian pertama dari descriptive text adalah identification. Tujuan identification dalam paragraph pertama adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang akan digambarkan pada paragraf-paragraf selanjutnya. Identification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang sesuatu atau objek yang akan digambarkan. Bagian ini adalah perkenalan singkat mengenai sesuatu atau objek yang akan digambarkan sebelum membahas sifat-sifat dari sesuatu atau objek tertentu yang akan digambarkan. 

2.Description: bagian kedua yaitu description yang berada pada paragraf kedua dan paragraf-paragraf selanjutnya. Description berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu atau objek yang kalian kenalkan kepada pembaca pada paragraf pertama.
Descriptive Text memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks lain. Ciri-ciri tersebut adalah:

a)Menggunakan Simple Present Tense. Descriptive text menggunakan Simple Present Tense karena akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau objek tersebut. Selain itu, Simple Present Tense juga digunakan untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran. Oleh karena itu, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama (Verb 1).
b)Karena fungsi dari descriptive text adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifat yang melekat padanya maka dalam teks ini digunakan banyak kata sifat (adjective) misalnya beautiful, tall, small, handsome, big, huge dsb.
c)Descriptive text menggunakan linking verb atau kata kerja penghubung seperti kata is. 

Contoh descriptive text
Borobudur Temple
Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.

Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.

demikian sahabat untuk postingan kali ini mengenai Pengertian dan Contoh Descriptive Text, semoga bermanfaat bagi sahabat yang sedang belajar bahasa inggris. jangan lupa baca juga artikel mengenai 3 jenis tanaman hias yang unik.

Advertisement