Monday, August 30, 2021

Alasan Kamu Harus Punya Side Hustle / Usaha Sampingan [ + Ide Pekerjaannya ]

Alasan Kamu Harus Punya Side Hustle / Usaha Sampingan [ + Ide Pekerjaannya ]

pengertian side hustle dan contohnya

Apa itu Side Hustle ? 

Mungkin kamu pernah mendengar kata “side hustle” yang bertebaran di media sosial, biasanya kata ini digunakan oleh influencer yang membuat konten mengenai tips berwirausaha. 


Lalu apa sih artinya side hustle? Jika kamu melakukan sesuatu pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu dan kamu melakukan nya di sela-sela pekerjaan utama kamu, maka itulah yang disebut dengan side hustle. 


Ilustrasinya adalah, kamu adalah pekerja kantoran di sebuah perusahaan di bidang ekspor impor, kemudian kamu juga memiliki pekerjaan di bidang editing video yang bisa kamu lakukan di malam hari ataupun hari libur. 


Istilah side hustle sebenarnya biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Terutama jika kita memiliki banyak teman yang memiliki pekerjaan tetap akan tetapi masih bisa melakukan pekerjaan yang sesuai hobinya setelah pulang bekerja. 


Saya sendiri memiliki teman yang pekerjaan utamanya adalah Pegawai negeri sipil di sebuah Instansi pemerintahan, namun beliau juga menjadi content creator di Youtube. 

Menurutnya membuat video konten untuk di upload ke youtube tidaklah sulit. Yang penting sudah memiliki ide video apa yang akan dibuat, kemudian siapkan kamera smartphone dan rekam! 

Dalam 1 bulan biasanya beliau hanya mengupload 3 - 4 video saja, jadi 1 minggu hanya 1 video. Walaupun video yang di upload tidak terlalu banyak, tetapi karna sudah memiliki banyak subcriber, ketika upload video viewernya bisa tembus puluhan ribu hanya dalam hitungan jam setelah di upload ke channelnya. 


Saat ini channel youtubenya sudah memiliki penghasilan kisaran Rp 2.000.000 - 3.000.000 /bulan. Wow banget ya, sudah dapat gaji tetap sebagai seorang PNS, ada tambahan juga dari gajian adsense tiap bulan. Hanya dengan menyisihkan waktu luang untuk membuat video yang dia sukai setiap minggu. Ini adalah salah satu contoh side hustle yang bisa di tiru idenya. 



Perbedaan Side hustle dan Side job

Ada perbedaan antara side hustle dan side job, yaitu side hustle tidak memiliki aturan jam kerja dan kamu adalah bosnya, sedangkan side job masih memiliki aturan jam kerja serta masih memiliki atasan langsung. 


Seorang yang memiliki side hustle akan lebih bebas menentukan waktu kerjanya di bandingkan dengan yang memiliki side job. 


Ide Pekerjaan yang Bisa Side Hustle

Perkembangan zaman yang cepat seperti sekarang ini menciptakan banyak peluang pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang ringan sampai pekerjaan yang bisa dilakukan antar benua. Semua itu bisa dilakukan walaupun tidak bertemu antara orang yang mengerjakan dan si pemberi pekerjaan. 


Maka dari itu, muncul banyak ide pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri dan tanpa batas ruang dan waktu, dengan hanya mengandalkan koneksi internet dan perangkat komputer maka bisa melakukan side hustle, berikut ini ide-ide yang bermunculan dan banyak dicari :


  1. Konten creator / Pembuat Video di Youtube
  2. Konten creator / Influencer di Tiktok, Snack Video, Vine
  3. Ghost Writer untuk blog / website
  4. Buzzer sosial media
  5. Konten creator / Endorsmen di Instagram 
  6. Pembuat konten untuk feed instagram, facebook, twitter
  7. Spesialis SEO (search engine optimazation)
  8. Pembuatan website untuk branding dan perusahaan
  9. Jualan Stock Icon untuk Aplikasi
  10. Jualan Stock Photo bertema Alam ataupun Abstrak
  11. Jualan Stock Footage video bertema Alam ataupun kehidupan sehari - hari
  12. Streamer Game di facebook, youtube atau twitch 
[favorite]

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search