Thursday, August 5, 2021

ANALISA DAN CARA MEMBUKA USAHA WARUNG KELONTONG ( + MODAL AWAL )

ANALISA DAN CARA MEMBUKA USAHA WARUNG KELONTONG ( + MODAL AWAL )

peluang usaha warung kelontong


Daftar isi


  • WARUNG KELONTONG SEPERTI APA? ( PENJELASANNYA )

Kamu pasti sering berbelanja ke warung di dekat rumah. Karena di warung itu tersedia berbagai macam kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Warung yang sering kamu kunjungi, biasa di sebut juga dengan warung kelontong. 

Kenapa disebut warung kelontong? Karena menurut sejarahnya, pada zaman dahulu orang tionghoa yang berjualan selalu membawa alat bunyi-bunyian yang di pukul ketika menjajakan barang dagangannya. 

 Alat bunyi-bunyian itu lebih dikenal dengan nama kelontong. Dan pada kala itu, pedangang tionghoa itu disebut dengan Tjina Kelontong. Mengikuti perkembangan zaman, warung atau toko kelontong mulai bertebaran dimana-mana di tempat yang ramai.

Seperti di area yang pada penduduk, atau pun pinggiran jalan raya yang sering kita temui saat ini. Berbelanja di warung kelontong, tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Karena masih menerapkan gaya berjualan tradisional. Seringkali tercipta hubungan kekerabatan antara kita dan penjual, karena seringnya berinteraksi untuk membeli kebutuhan sehari-hari.


  • APA SAJA YANG DI JUAL DI WARUNG KELONTONG?


Kehadiran warung kelontong di sekitar lingkungan kita, tentunya memberikan kemudahan semua orang yang berada di area tersebut untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Biasanya warung kelontong menyediakan sembilan bahan pokok untuk dibeli oleh masyarakat. Lalu apa saja yang termasuk dalam Sembako ? Berikut daftarnya! 

  1. Beras, sagu, atau jagung 
  2. Gula Pasir 
  3. Sayur-sayuran dan Buah-buahan 
  4. Daging sapi,ayam dan ikan 
  5. Minyak goreng dan Margarin 
  6. Susu 
  7. Telur ayam 
  8. Minyak tanah, Gas elpiji, 
  9. Garam beryodium atau Natrium

Tentunya warung kelontong tidak harus menjual semua daftar sembako di atas, karena terkait modal yang cukup besar apabila ingin memiliki semua stok sembako serta terbatasnya ruangan warung.


  • WARUNG KELONTONG MODAL BERAPA


Sebagai awalan membuka usaha warung kelontong, tentunya jangan langsung membeli semua barang yang ada di pasaran. 

Akan lebih baik, jika mencicil barang-barang dagangan yang diperkiran laku dijual di warung kelontong. 

Misalnya cukup membeli beberapa jenis saja untuk shampoo, lalu begitu juga juga dengan sabun, pasta gigi, lalu sembako juga demikian. Untuk membelinya, uang Rp. 3.000.000 sudah cukup membeli semuanya. 

Dengan catatan, kita harus selektif membeli barang dagangan dan dengan jumlah yang sedikit dahulu. Untuk peralatan lainnya yang biasa ada di warung kelontong, seperti timbangan 5kg, tali, kantung plastik, serta banner warung. Bisa menghabiskan sekitar Rp. 1.000.000. Sudah bisa memiliki perlatan yang lumayan lengkap. 

Jadi diperkiran, dengan modal Rp. 4.000.000 sudah bisa membuka warung kelontong yang lengkap dengan barang dagangan dan alat penunjang warung lainnya.


  • APA KEUNTUNGAN WARUNG KELONTONG ?


Sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari, tentunya warung kelontong akan selalu memiliki pembeli setiap hari. 

Yang mana kebutuhan manusia untuk bahan makanan dan kebutuhan penunjang seperti alat mandi dan pakaian itu sangat beragam. Sehingga warung kelontong akan bisa menghasilkan keuntungan yang stabil setiap hari. 

Selain itu, modal awal yang relatif tidak terlalu mahal, dibanding membuka usaha peternakan ayam petelur atau usaha pertanian lainnya. Modal awal bisa digunakan dengan sangat fleksibel, bahkan kita bisa melakukan preorder untuk barang barang tertentu sesuai pesanan pelanggan kita.

Warung kelontong barang yang di jual adalah kebutuhan sehari-hari, sehingga perputaran warung akan cepat. Karena barang yang di jual tidak akan terlalu lama, pasti sudah habis. Contohnya saja, ada stok telur ayam, gula, minyak, dan beras. 

Biasanya stok tersebut tidak perlu menunggu waktu lama untuk kita harus membeli lagi atau restock karena habis terjual. Tapi harus di perhatikan, jangan langsung membeli semua dengan jumlah banyak. Lakukan pengamatan terhadap stok yang ada. 

Misal hari ini kita stok beras, 5 karung. Ternyata dalam waktu 2 hari beras sudah habis. Tambah lagi stok berasnya jadi 7 karung. Ternyata dalam waktu 2 hari tidak habis atau masih sisa stok. Nah dari situ kita tahu bahwa maksimal stok yang harus kita jaga adalah 6 - 7 karung beras saja. 

Ini berlaku untuk barang-barang yang lainnya.


  • APA BEDA WARUNG KELONTONG DENGAN SUPERMARKET?

Supermarket dikenal juga dengan Toko grosir adalah toko yang menjual berbagai jenis barang mulai dari sembako, pakaian, peralatan rumah tangga, alat tukang, sampai makanan siap saji, semuanya ada di supermarket. 

Sedangkan warung kelontong hanya menjual sebagian kecil saja keperluan hidup sehari-hari. Jadi bisa di pahami bahwa, perbedaan antara warung dan supermaket adalah barang yang dijual lebih banyak dan lebih lengkap di supermaket. 

Selain itu, Bangunan supermaket biasanya menyerupai gedung yang besar. Dan supermaket tidak banyak seperti warung kelontong.


  • APAKAH WARUNG KELONTONG TERMASUK WIRAUASAHA


Warung kelontong adalah usaha kecil di bidang perdagangan. Warung kelontong menjual berbagai kebutuhan hidup masyarakat. 

Dengan adanya warung, maka masyarkat tidak perlu jauh-jauh untuk membeli barang-barang yang mudah seperti sabun dan makanan. 

Untuk membuka warung kelontong di perlukan modal, baik itu modal dalam bentuk uang untuk membeli barang yang akan di jual, serta modal dalam bentuk lokasi untuk menjual barang yang dibeli sebelumnya. 

Oleh sebab itu, warung kelontong termasuk wirausaha, karena dilakukan oleh seseorang dengan maksud mendapatkan keuntungan dari barang dagangan yang di jual di warungnya.


[favorite]

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search