Wednesday, August 11, 2021

Ide Usaha Modal Kecil : Jasa Cuci Motor Salju

Ide Usaha Modal Kecil : Jasa Cuci Motor Salju

ide usaha modal kecil cuci motor salju
Usaha jasa cuci motor merupakan pilihan tepat untuk memulai usaha dengan modal kecil tapi untungnya maksimal. 
Usaha dibidang jasa ini cukup menjanjikan karena bisa usaha sudah bisa berjalan hanya dengan pompa air, mesin kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. 
Di daerah perkotaan, orang akan lebih memilih cuci motor di jasa cuci motor dari pada harus mencuci dirumah, itu dikarenakan sudah lelah bekerja dan butuh istirahat ketika sudah dirumah.

Pada artikel kali ini, yang dibahas adalah usaha cuci motor, dan mengikuti perkembangan zaman, sekarang cuci motor sudah mulai menerapkan shampoo salju dalam proses mencuci motornya. 

Cuci motor salju merupakan inovasi yang sedang ramai banyak dicari oleh pengguna kendaraan bermotor, karena cuci motor menggunakan salju bisa mempertahankan cat motor lebih lama dan terhindar dari karat atau korosi yang bisa menyebabkan cat buram.

Apa itu cuci motor Salju

Cuci motor salju adalah proses mencuci dan membersihkan motor dengan menggunakan shampoo salju sebagai cairan pembersihnya. 
Cairan shampoo salju ini ketika digunakan akan mengeluarkan busa mirip salju yang diaplikasikan ke seluruh body motor, lalu setelah motor terlapisi oleh salju maka dilakukan proses menggosok semua body dengan tujuan membersihkan kotoran debu yang melekat. 

Penggunaan shampoo salju di klaim bisa melindungi permukaan cat pada kendaraan dari karat sehingga cat menjadi lebih awet. 
Ditambah lagi penggunaan salju akan membuat kendaraan lebih kinclong dan harum karena shampoo salju juga memiliki aroma yang cukup kuat.

Perbedaan Cuci Motor Salju dan Cuci Motor Biasa


Jika dilihat dari cara pengerjaanya cuci motor salju dan cuci motor biasa / steam tidak ada perbedaan. Cuci motor steam / biasa adalah proses mencuci motor dengan menggunakan alat bantu kompressor untuk menyemprotkan air, sehingga air mempunyai daya dorong yang besar dan bisa dengan mudah membersihkan debu, tanah, kotoran yang menempel terutama yang berada dibawah jok dan spakbor motor. 

Sama halnya dengan cuci motor salju, proses pengerjaan mencuci motornya tidak berbeda. Yang membedakan ialah, cuci motor biasa menggunakan shampo yang umum untuk mencuci motor, sedangkan cuci motor salju menggunakan cairan shampo salju. 

Jadi hanya berbeda di tambahan shampoo saja ya.

Berapa Harga Alat Cuci Motor Salju / Steam Salju


Ditoko yang berada di pasar atau di toko online banyak pilihan harga untuk membeli paket mesin cuci steam salju. 
Rata-rata berkisar di angka 2juta sudah bisa mendapatkan paket lengkap untuk usaha cuci motor salju ini. table Sementara sabun / shampoo salju di jual terpisah ya. Jadi tetap harus membeli shampoo salju juga untuk melengkapinya.

Paket

Harga

Harga PAKET MESIN CUCI STEAM MOTOR MOBIL SALJU SNOW WASH TERBAIK


Rp2.750.000



PAKET MESIN CUCI STEAM MOTOR MOBIL SALJU SNOW WASH TERBAIK - tabung snow 20L

Rp1.750.000

PAKET MESIN CUCI STEAM MOTOR MOBIL SALJU SNOW WASH TERBAIK

Rp3.250.000

Sumber tokopedia


 

Berapa Biaya Hidrolik Cuci Motor

Hidrolik adalah alat untuk mengangat motor ke atas, sehingga memudahkan mencuci motor terutama di area bawah motor. 
Dengan menggunakan hidrolik maka motor akan lebih bersih dan terhindar dari karat akibat lumpur yang menempel dibawah mesin. 

Selain itu, dengan adanya mesin hidrolik di tempat pencucian akan lebih menarik orang yang melihatnya. Dengan begitu, orang yang akan mencuci motor lebih banyak datang ke tempat anda. 

Harga Promo!!!! Lift Hidrolik Cuci Motor M-Lift

Rp4.500.000

Harga Hidrolik Cuci Motor M-Lift AUTOMEGA bukan mastersnow ikame sato panca

Rp4.500.000

Harga Hidrolik Alat Cuci Motor Ikame Power-60

Rp5.500.000

Sumber tokopedia



Sistem Gaji Karyawan Cuci Motor


Gaji adalah upah yang diberikan dalam bentuk uang ataupun benda sesuai dengan kesepakatan atas kegiatan kerja yang di lakukan seseorang. 

Untuk usaha cuci motor biasanya digunakan sistem bagi hasil. 

Cara menghitungnya begini, misalnya harga jasa untuk mencuci satu motor adalah Rp15.000, maka karyawan mendapat Rp3.000 hingga Rp5.000 sedangkan sisanya untuk modal dan keuntungan pemilik usaha tersebut. 
Jadi pemilik usaha menugaskan satu orang karyawan untuk mencatat ada berapa motor yang masuk hari ini, kemudian mencatat merek dan jenis motor. 

Untuk menjadi dasar berapa gaji yang akan di terima karyawan setiap harinya. Karena jenis motor berbeda-beda, maka perlu dibuatkan daftar harga berdasarkan jenis motor tersebut.
Hal ini bertujuan agar harga yang di patok sesuai dengan usahanya. 

Contoh daftar harga cuci motor : 
  • Motor Matic / Bebek Rp 10.000
  • Motor Matic 150 Up Rp 15.000
  • Motor Cowok Rp 15.000
  • Motor Trail Rp 35.000

Modal Usaha Cuci Motor

Setelah membaca uraian di atas, mulai dari pengertian cuci motor salju, peralatan yang harus di miliki serta sudah mengetahui sistem gajiannya. 
Langkah selanjutnya adalah memulai usaha itu sendiri.

Berikut ini perkiraan modal awal untuk membuka usaha cuci motor salju:

Investasi Awal = Menyediakan Tempat / Bangunan 


Menyesuaikan tempat / bangunan cucian

Rp 3.000.000

Paket Mesin cuci motor Salju

Rp 3.000.000

Perlengkapan Lainnya

Rp 500.000

Total

Rp 6.500.000


Biaya Operasional Usaha Cuci Motor Salju

Gaji Karyawan (2 orang) 

Rp 1.800.000


Listrik, Air, Internet

Rp 700.000


Shampo Salju 30liter

Rp 210.000


Semir Ban 5liter

Rp 85.000


Lap  / Kanebo

Rp 30.000


Total


Rp 2.830.000



Perkiraan Omzet Perbulan dari Usaha Cuci Motor Salju 

Misalnya usaha cucian motor anda bisa mendapat rata-rata 15 pelanggan setiap hari, dengan harga cuci motor Rp 10.000, maka dalam 30 hari bisa mendapat Rp 4.500.000 Jika pendapatan dikurangi dengan biaya operasional bulanan sebesar Rp 2.830.00 maka anda bisa mendapat untung berkisar Rp 1.670.000

Dari hasil perkiraan di atas, bisa di lihat bahwa usaha cuci motor memiliki nilai keuntungan yang lumayan. Nilai dari keuntungan tentunya berbanding lurus dengan banyak nya pelanggan yang datang. 
 
Yang perlu di perhatikan dari perkiraan di atas adalah, anda tetap harus melakukan survey ke tempat usaha sejenis. Pelajari berapa harganya, bagaimana kualitas pelayannya, serta perlengkapannya.

Ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat di sekitar anda, bagaimana mereka ingin mencuci kendaraannya. Sehingga kita sebagai pengusaha baru, bisa langsung menyediakan tempat cucian motor yang sesuai keinginan pelanggan.

 
Promosi untuk Menarik Pelanggan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan pertama, disini akan dibahas yaitu promosi melalui media sosial dan melalui selebaran.

Promosi di Media Sosial 

Jika ingin melakukan promosi dimedia sosial yang paling penting adalah memiliki akun media sosial, mulai dari facebook, instagram ataupun whatsapp.

Masing - masing media sosial memiliki kelebihan masing - masing. Yang paling penting adalah anda memiliki banyak teman dari daerah anda di sosial media tersebut.

Buatlah status mengenai usaha yang baru anda buka, gunakan foto usaha anda, cantumkan alamat, nomer telpon, serta lokasi dimana usaha anda berada.
Anda juga bisa menandai teman - teman dekat anda yang berada di sosial media tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan interaksi di postingan status tersebut.
Lakukan share status ke beberapa sosial media anda sekaligus, akan tetapi jangan terlalu sering. Karena akan terlihat spam dan kurang di sukai oleh orang lain jika terlalu sering update status tentang usaha. 

Promosi Selebaran / Offline

[favorite]

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search