Tuesday, August 3, 2021

Peluang Usaha Laundry di Daerah yang Memiliki Banyak Kampus atau Sekolah

Peluang Usaha Laundry di Daerah yang Memiliki Banyak Kampus atau Sekolah

peluang usaha laundry


Daftar isi Peluang Usaha Laundry


  • Apa itu usaha Laundry

Jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia, kata laundry memiliki arti cucian. Jadi usaha laundry adalah suatu kegiatan usaha dibidang jasa yang menawarkan untuk mencuci pakaian ataupun benda yang berbahan dasar kain dan biasanya benda itu digunakan oleh konsumen sehari-hari.


  • Lokasi yang cocok untuk usaha Laundry

Jika kamu tinggal di daerah yang dekat dengan kawasan pendidikan, seperti kawasan yang memiliki banyak kampus ataupun sekolah, maka usaha laundry bisa menjadi pilihan untuk usaha yang akan kamu bangun. 

Pasalnya sebagaian besar mahasiswa dan anak sekolah akan lebih memilih mencuci bajunya menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci sendiri di kos-kosan atau kontrakan. Alasannya karena untuk menghemat waktu dan mereka bisa fokus untuk belajar menyelesaikan studinya. 

Oleh sebab itu, peluang usaha laundry masih terbilang sangat prospektif dan dapat menghasilkan laba / keuntungan yang stabil. Karena setiap harinya akan selalu mendapat konsumen dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang sedang studi dekat usaha laundry.


  • Analisa Awal usaha Laundry, Lakukan Survei!

Setelah mengetahui pengertian dan mendapatkan lokasi yang pas, selanjutnya adalah menganalisa bagaimana kesempatan usaha laundry yang baru akan kita buat. 

Bisakah mendapat pelanggan sesuai yang kita harapkan? Berapa banyak kompetitor yang sudah duluan membuka usaha laundry di daerah tersebut? Apa yang akan anda lakukan pertama kalinya untuk menarik minat pelanggan tersebut ? 

Untuk itu, diperlukan survei ke lokasi yang mungkin potensial dan belum terlalu banyak kompetitor atau usaha sejenis yang sudah berdiri duluan.


  • Modal Awal Usaha Laundry

Sebagai permulaan usaha, usaha laundry tidak memerlukan modal sampai ratusan juta rupiah. Jika kamu sudah memiliki tempat / toko, maka kamu bisa memulai dengan modal 1 atau 2 mesin cuci saja. 

Dimarketplace banyak yang menjual mesin cuci dengan kapasitas besar yang harganya berkisar antar 4 juta sampai 10 juta. 

Perlengkapan utama lainnya untuk usaha laundry yaitu setrikaan untuk merapihkan pakain, lalu plastik untuk membungkus pakaian yang sudah rapih dan akan di serahkan ke pelanggan. 

Kemudian untuk deterjen atau sabun pencuci pakaian agar lebih hemat, bisa dengan membeli deterjen kiloan. Tentunya ini lebih hemat biaya dari pada membeli deterjen di minimarket. Sama halnya dengan deterjen, untuk pengharum pakain juga, belilah pengharum dengan satuan literan. Pilihlah beberapa macam aroma sehingga konsumen bisa memilih, aroma apa yang mereka inginkan. 

Selanjutnya dibutuhkan juga lahan untuk menjemur pakaian atau karpet yang berukuran besar agar cepat keringnya. Ada baiknya di buat ruangan khusus untuk mencuci, menyetrika, dan tempat menyimpan pakaian yang sudah rapih. Demi menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, misal pakaian tertukar dan hilang. Semoga sukses ya.


[favorite]

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search