Monday, August 2, 2021

TIPS MEMULAI USAHA UNTUK PEMULA

TIPS MEMULAI USAHA UNTUK PEMULA


Gairah bisnis di Indonesia terus berkembang, terutama di sektor UMKM atau bisnis yang menyasar segmen menengah bawah. 

Beberapa dari mereka ada yang sukses menyebarkan bisnisnya sampai besar. Namun tidak sedikit juga yang bisnisnya rontok di tengah jalan sebab tidak diterima pasar, atau pasarnya belum siap mendapatkan produk bisnisnya. 

Tidak terlalu sulit untuk memulai bisnis. Bisnis itu sebetulnya praktis. 

Jika bisnis Anda ingin cepat diterima pasar maka mulailah dengan bisnis yang produknya mampu diterima pasar. 

Bila bisnis anda sasarannya kelompok menengah bawah, atau all segmen maka carilah pangsa pasar atau market base yang luas.

Contoh misalnya kalau membuka usaha bakso, ayam goreng, sate, soto atau nasi goreng yang siapa pun suka. Marketnya juga terang dan luas, dari golongan bawah sampai atas, dari anak-anak sampai orang bau tanah semua suka.  

Alhasil sebagai pebisnis juga tidak perlu edukasi dan sosialisasi untuk mengenalkan produknya ke pelanggan alasannya adalah semua orang telah mengenal jenis produknya. Sehingga tidak perlu effort yang sangat keras untuk masuk di pasar ini.

Tinggal bagaimana Anda mau berinovasi dan inovatif jikalau ingin dilihat berbeda oleh pelanggan. Misalnya, membuat bakso dengan bentuk yang berlainan, dengan kuah yang lain dari umumnya. Atau dengan konsep gerai/booth atau penawaran spesial yang unik sehingga konsumen mau tiba mencoba produknya.

Selanjutnya, tanggung jawab Anda untuk menjaga pelangggan yang loyal jikalau mereka telah menggemari produk Anda. Bagaimana caranya mereka mau tiba lagi ke kawasan Anda. Itu persoalan service dan marketing. Karena produk Anda bukan produk yang abnormal, tetapi sudah familiar dan tidak menciptakan orang jenuh.

Kaprikornus sekali lagi, jangan yang abnormal-aneh dalam membuat bisnis jikalau memang Anda belum mengenal sekali market yang ingin Anda bidik. Kecuali jikalau Anda ingin bermain di pasar premium atau masuk ke blue ocean. Itu lain soal, karena market ini memang terbatas dan membutuhkan produk dan jasa yang segmented yang tidak bisa dikonsumsi semua golongan.

Misalnya, kalau Anda ingin memulai bisnis kuliner Meksiko atau Eropa. Anda akan susah jikalau membidik pasar menengah bawah, alasannya adalah pengecap mereka belum sudah biasa dengan produk itu. Anda harus mengedukasi pelanggan untuk menyukai produk Anda. Itu memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar.

Terkadang, orang menciptakan bisnis itu suka idealis. Pengen kelihatan unik dan  tak inginmain di red ocean. Akhirnya tidak bisa bertahan usang karena pasarnya tidak menggemari, beliau juga tak maumengedukasi konsumennya. Awalnya saja lazimnya rame, selanjutnya orang jenuh dengan produk yang Anda jual alasannya adalah bukan makanan sehari hari.  

Jadi rekomendasi aku bagi yang ingin mengawali bisnis dari nol dan tak memiliki pengalaman banyak di bidangnya, pertama, carilah bisnis yang mudah dengan produk yang telah familiar serta market basenya luas. Kedua buat diferensiasi dengan kompetitor. Diferensiasi itu bisa dari produk, pelayanan maupun promosinya. Ketiga, lakukan bisnis tersebut dengan bersungguh-sungguh dan semangat. Jangan mudah mengalah sebab semua bisnis itu kadang naik dan kadang turun.

 

Selamat Berbisnis!


Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search