Saturday, September 4, 2021

Memulai Jasa Les Privat di Masa Pandemi [+ Modal Awal nya ]

Memulai Jasa Les Privat di Masa Pandemi [+ Modal Awal nya ]

usaha les privat

Pengertian Les Privat

Les privat adalah metode kegiatan belajar tambahan untuk anak di luar jam sekolah, yang bertujuan untuk mempertajam atau mengulangi pelajaran yang di dapat saat jam sekolah. 

Setiap orangtua atau wali murid memiliki berbagai faktor yang membuat mereka berpikir untuk memberikan les privat ke anaknya. Salah satunya ialah agar anak nya bisa menjadi lebih ahli di dalam satu bidang keilmuan yang anak itu suka. Misalnya si anak suka belajar ilmu berhitung, orang tua kemudian mencarikan guru privat untuk lebih mengasah pengetahuan si anak tentang ilmu berhitung yang tidak di dapat dari sekolah. 

Ada juga keadaan dimana, si anak lah yang meminta untuk di carikan guru privat. Karena dia menyadari saat di sekolah kekurangan waktu untuk memahami salah satu mata pelajaran yang di anggap sulit, kemudian ingin mempelajarinya  setelah pulang sekolah. Tentunya orang tua bisa mencarikan solusi untuk masalah yang di hadapi anak tersebut. Salah satu caranya ialah dengan mencarikan guru privat yang sesuai dengan keilmuan yang ingin di dalami oleh anaknya. 


Alasan Kenapa Mahasiswa bisa menjadi Guru Privat dan Keuntungannya

Sebagai mahasiswa yang mandiri, membuka jasa guru privat ini bisa memiliki banyak keuntungan. Hal yang utama adalah kamu bisa mendapat penghasilan tambahan yang lumayan tergantung dengan berapa banyak anak yang menjadi murid serta tingkat kesulitan pelajaran yang di pelajari. Selain itu dengan menjadi guru privat, akan menambah wawasan yang lebih luas lagi.

Karena les privat sifat nya fleksibel, jadi untuk waktu belajar nya bisa di sesuaikan dengan kemauan orang tua murid. Tentunya ini menjadi hal yang memudahkan untuk anda mengatur waktu kuliah dan waktu mengajar agar tidak bentrok. Selain itu tempat juga biasanya sudah di sediakan oleh orang tua murid, anda hanya perlu datang dan mengajar anak murid tanpa perlu repot menyediakan tempat untuk belajar.

Biasanya selain pelajaran sekolah, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bidang bahasa asing, Informasi teknologi, serta bermain musik masih sangat dicari tenaga pengajarnya, terutama dari kalangan mahasiswa. 

 

Cara Memulai Jasa Les Privat

Langkah awal untuk mendapatkan murid pertama anda adalah dengan mendatangi rumah di sekitar anda yang diketahui mempunyai anak yang sedang bersekolah. Jangan malu untuk memperkenalkan diri ke orang tua murid serta menjelaskan bahwa anda memiliki kemampuan untuk suatu bidang studi, misalnya bahasa asing. Gunakan tutur kata yang sopan serta pakaian rapi untuk meningkatkan kepercayaan orang tua murid yang anda temui. 

Jika cara diatas tidak berhasil, anda bisa menggunakan sosial media untuk beriklan tentang jasa les privat yang anda buka. Gunakan bahasa yang singkat, padat, serta jelas untuk menarik perhatian orang tua murid yang berteman di sosial media anda. 

Tanggapi semua chat yang masuk dari orang tua murid secara sopan dan jelaskan tentang jasa les privat apa yang anda tawarkan ke mereka. Hindari membalas dengan kata yang di singkat atau penggunaan kata alay. Cerminkan bahwa anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan dan bisa di percaya oleh orang tua murid untuk bisa mengajari anaknya.

Modal untuk Jasa Les Privat

Untuk modal awal yang dibutuhkah adalah sarana transportasi, tapi ini hanya cadangan, jika saja murid anda ternyata rumahnya jauh. Kemudian  alat untuk menjelaskan materi yang akan di pelajari, yaitu papan tulis kecil, spidol, serta penghapus. Bahan untuk mendukung materi yang akan di pelajari pada setiap sesi, kamu bisa menyiapkan dalam bentuk power point atau kamu bisa mendiskusikan terlebih dahulu bersama orang tua murid, untuk metode seperti apa yang dirasa paling pas untuk anaknya.

 

Menentukan Tarif Jasa Les Privat

Kamu bisa melakukan survey harga jasa les privat di internet, untuk menentukannya, atau kamu bisa bertanya kepada orang yang lebih dulu sudah membuka jasa ini. Biasanya harga ditentukan berdasarkan pasaran yang sudah terbentuk di daerah tersebut.


[favorite]

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search